Kajian Al Jamaah

Bukan Sifat Muslim Atau Mu’min Yang Benar | Jama’atul Muslimin

Bukan Sifat Muslim Atau Mu’min Yang Benar | Jama’atul Muslimin – Selamat datang di website Jama’atul Muslimin. Di situs ini kami memberikan berbagai informasi tentang kehidupan beragama sesuai syariat yang berlandaskan keterangan Qur’an dan Hadist. Adapun informasi yang kami sajikan merupakan kumpulan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggung jawabkan dan kami cantumkan sumbernya. Untuk memahami isi dari artikel ini, Anda bisa mencari di kategori Kajian Al Jamaah. Silakan pelajari dan pahami!

Silakan Baca Juga

Bukan Sifat Muslim Atau Mu’min Yang Benar

1. Selalu Mengikuti Tradisi Nenek Moyang Atau Kebiasaan Yang Menyalahi Dinul Islam

Surat Luqman ayat 21
Surat Luqman ayat 21

“Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Ikutilah apa yang diturunkan Alloh”. Mereka menjawab,: “(tidak) tapi kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya. Dan apakah mereka (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun syetan itu menyeru mereka kedalam siksa api yang menyala-nyala (neraka)?” (QS Luqman ayat 21)

Penjelasan:

Dari ayat diatas kita dapat mengerti bahwa orang-orang yang bukan muslim/mu’min apabila diajak melaksanakan sesuatu berdasarkan ketentuan dari Alloh, mereka memilih ketentuan yang lain yang sudah menjadi kebiasaan umum, baik dari peninggalan adat kepercayaan nenek moyang mereka maupun dari hasil pikiran para pemimpin atau tokoh-tokoh yang mereka anggap sesuai dengan zamannya.

2. Selalu Berpegang Teguh Kepada Peraturan Yang Sesat Dalam Beribadat

Al baqarah ayat 16
Al baqarah ayat 16

“Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk. Maka tidaklah beruntung perdagangannya dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.” (QS Al Baqarah ayat 16)

Penjelasan:

Di dalam kitab Ibnu Katsir Jilid I Halaman 52 dalam hadist riwayat Abi Hatim dijelaskan sebagai berikut:

“Mereka mengambil kesesatan dan meninggalkan petunjuk.”

“Mereka menyukai kesesatan daripada petunjuk.”

“Mereka keluar dari petunjuk kepada kesesatan, dan keluar dari Al Jama’ah kepada firqoh, dan keluar dari keamanan kepada ketakutan, dan keluar dari As sunnah kepada bid’ah.”

Jadi orang yang mengambil kesesatan dengan petunjuk, ialah orang yang memilih melaksanakan ketentuan buatan manusia daripada ketentuan Alloh, orang yang memilih sistem firqoh daripada sistem Al Jama’ah, orang yang memilih timbulnya situasi perselisihan daripada keseragaman serta orang yang memilih bid’ah daripada contoh-contoh amaliyah Rasulullah.

3. Suka Mengganti Istilah/ Nama Yang Telah Ditetapkan Oleh Alloh Ta’ala Dengan Istilah/ Nama Menurut Ketetapan Ro’yunya

al baqarah ayat 59
al baqarah ayat 59

“Lalu orang-orang yang dzalim mengganti perkataan bukan yang dikatakan kepada mereka. Sebab itu kami timpakan atas orang-orang yang dzalim itu siksa dari langit, karena¬† mereka berbuat fasiq.” (QS Al Baqarah ayat 59)

Penjelasan:

dari ayat diatas kita dapat mengerti bahwa istilah-istilah ketetapan Alloh tidak boleh diganti, sebab akan mengakibatkan bencana. Tetapi orang yang tidak berjiwa mu’min/ Muslimin menyukai untuk menggantinya, seolah mereka memandang tidak apa-apa.

Kalau kita mau melihat kenyataan, istilah Al Jama’ah atau Jama’atul Muslimin yang merupakan¬† ketetapan nama wadah perjuangan umat muslimin dari Alloh dan RosulNya telah diganti menjadi berbagai macam nama atau istilah menurut ketetapan ro’yu.

Akibatnya umat muslimin terkoyak-koyak menjadi berkeping-keping, lalu timbul bencana tiada henti-hentinya.

surat yunus ayat 15
surat yunus ayat 15

“Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang nyata, orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami berkata: “Datangkanlah Al Qur’an yang lain dari ini atau gantilah ia”. Katakanlah: “Tidak patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Sesungguhnya aku takut jika mendurhakai Tuhanku kepada siksa hari yang besar (kiamat).” (QS Yunus ayat 15)

Demikianlah Informasi Atau Penjelasan Tentang Bukan Sifat Muslim Atau Mu’min Yang Benar | Jama’atul Muslimin

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan diamalkan untuk menuju keridhoan Alloh Ta’ala. Dan semoga Alloh memberikan kepahaman kepada kita semua dalam beragama.

Anda telah membaca Bukan Sifat Muslim Atau Mu’min Yang Benar | Jama’atul Muslimin

Tags
Show More

Related Articles

Close