Jamaatul Muslimin

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya – Selamat datang di website Jama’atul Muslimin. Di situs ini kami memberikan berbagai informasi tentang kehidupan beragama sesuai syariat yang berlandaskan keterangan Qur’an dan Hadist. Adapun informasi yang kami sajikan merupakan kumpulan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggung jawabkan dan kami cantumkan sumbernya. Untuk memahami isi dari artikel ini, Anda bisa mencari di kategori Fiqih. Silakan pelajari dan pahami!

Judul : Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin
Link : Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin

Silakan Baca Juga

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin

Sholat wajib atau yang sering disebut juga shalat fardlu merupakan salah satu kewajiban seorang muslim yang senantiasa dilaksanakan 5 kali dalam sehari. Hal ini berlaku bagi semua keadaan terkecuali jika ada halangan secara syar’i seperti haid bagi wanita ataupun hilang ingatan.

Sholat Fardhu sendiri terdiri dari 5 waktu yakni Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Shalat Subuh terdiri dari 2 rakaat, Sholat Dzuhur terdiri dari 4 rakaat, Sholat Ashar terdiri dari 4 rakaat, shalat Maghrib terdiri dari 3 rakaat dan shalat Isya terdiri dari 4 rakaat.

Lantas Bagaimanakah Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Beserta Bacaannya Yang Lengkap?

Alloh dan RasulNya telah memberikan pedomannya dalam Al Qur’an dan hadist. Dilansir dari AlManhaj.or.Id, berikut adalah cara shalat wajib yang benar beserta bacaannya.

Ketika Rasululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam hendak melaksanakan sholat, maka beliau akan berdiri dan menghadap kiblat dengan mendekat ke pembatas atau sutrah.

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama'atul Muslimin
Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى.

“Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya. Dan sesungguh-nya setiap orang hanya mendapat (balasan) berdasarkan niatnya.”

Rasululloh mengawali shalat dengan mengucap takbir

اَللهُ أَكْبَرُ.

“Allah Maha besar.”

Pengucapan tersebut bersamaan dengan diangkatnya kedua tangan kemudian meletakkan tangannya yang kanan diatas tangan yang kiri tepat di dada.

Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam lantas mengarahkan pandangannya ke arah tempat sujud. Setelah itu beliau membaca doa iftitah, taawudz dan basmallah dengan tidak nyaring.

Tata cara shalat wajib Rasul kemudian membaca surat Al Fatihah dengan berhenti pada setiap ayatnya dan diakhiri dengan ucapan Aamiin yang dijaharkan serta dipanjangkan.

Setelah membaca surat Ummul Qur’an, Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam kemudian membaca surat-surat dalam Al Qur’an yang kadang panjang ataupun pendek-pendek ayatnya.

Setelah selesai membaca, beliau kemudian diam sejenak dan mengangkat kedua tangannya sembari bertakbir lalu ruku’.

Beliau meletakkan kedua telapak tangannya pada kedua lutut dan meregangkan jari-jemarinya. Bahkan bisa dikatakan Rasul rukuk seakan-akan menggenggam lututnya.

Pada saat rukuk, posisi punggung Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam terlihat lurus sehingga andaikata dituangkan air diatasnya maka air itu akan tenang atau tidak tumpah.

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya

Pada posisi ruku’, Nabi membaca

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ (ثَلاَثًا)

“Mahasuci Engkau, wahai Rabb-ku Yang Mahaagung.” (Diucapkan sebanyak tiga kali).

Dalam berbagai keterangan, Rasul bahkan membaca berbagai doa lainnya pada saat ruku’. Yang jelas bukan bacaan Al Qur’an.

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama'atul Muslimin
Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya

Setelah selesai, beliau mengangkat punggungnya dan berucap,

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

“Allah mendengar orang yang memuji-Nya.”

Pada posisi tegak setelah ruku’ atau yang dikenal dengan i’tidal ini beliau mengangkat kedua tangannya sembari membaca,

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ.

“Ya Rabb kami, hanya bagi-Mu-lah segala pujian.”

Terkadang Nabi juga membaca doa yang lebih panjang dari itu. Kemudian Nabi bertakbir sembari menyungkur untuk sujud.

Pada saat hendak melakukan sujud, posisi telapak tangan Rasul menyentuh lebih dahulu tanah sebelum kedua lututnya. Kemudian diikuti dengan dahi dan hidungnya serta mengangkat agak tinggi bagian pantat.

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظَمٍ: عَلَى الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ، وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ.

“Aku diperintahkan untuk bersujud di atas tujuh tulang: dahi -sambil menunjuk hidungnya dengan tangan- kedua tangan dan kedua lutut, serta ujung jari-jemari kedua kaki.”

Beliau juga pernah mengatakan:

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ يُصِيْبُ أَنْفَهُ مِنَ اْلأَرْضِ مَا يُصِيْبُ الْجَبِيْنَ.

“Tidak (sempurna) shalat orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah sebagaimana menempelkan dahinya.”

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya

Sementara itu posisi telapak tangan dirapatkan dan ketiaknya dibuka atau dilebarkan. Terkadang beliau meletakkan kedua telapaknya sejajar dengan bahunya dan terkadang sejajar dengan kedua telinganya.

Pada posisi sujud ini, beliau membaca,

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى. (ثَلاَثًا)

“Mahasuci Rabb-ku Yang Mahatinggi.” (Diucapkan tiga kali)

Disamping bacaan sujud tersebut, Nabi juga membaca berbagai dzikir dan doa yang beragam. Bahkan berdoa saat sujud sangat dipentingkan mengingat waktu tersebut merupakan salah satu waktu diijabahnya doa.

Setelah selesai, Nabi lantas mengangkat kepalanya untuk duduk dan menggelar kaki kirinya lalu mendudukinya atau yang dikenal dengan duduk iftirasy.

Saat melakukan duduk iftirasy, posisi kaki kanan tegak dengan jari jemari kaki yang menghadap kiblat. Kemudian beliau membaca doa,

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِـي وَارْحَمْنِى، وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي، وَاهْدِنِي، وَعَافِنِي، وَارْزُقْنِي.

“Ya Allah, ampunilah aku, kasihilah aku, cukupilah kekurangan-ku, angkatlah derajatku, tunjukilah aku, maafkanlah aku, dan berilah rizki kepadaku.”

Setelah selesai, Rasul kemudian melakukan sujud yang kedua kalinya sebagaimana cara sujud yang pertama. Sesudah melakukan sujud yang kedua, Nabi lantas duduk tegak diatas kaki kirinya (duduk istirahat) kemudian bangkit untuk melaksanakan rakaat yang kedua.

Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama'atul Muslimin
Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya

Pada rakaat yang kedua, semua gerakan dan bacaannya sama. Hanya saja doa iftitah tidak dibaca.

Setelah selesai rakaat kedua untuk shalat wajib yang berjumlah 3 atau 4 rakaat, beliau duduk terlebih dahulu untuk melakukan tasyahud awal.

Beliau buka tangan kirinya dan menggenggamkan tangan kanannya di atas paha kanannya sambil menunjuk dengan jari telunjuknya dan memusatkan pandangan padanya. Jika beliau mengangkat telunjuknya, beliau berdo’a dengannya. Beliau bersabda, “Dia memiliki (pengaruh) yang lebih dahsyat terhadap syaitan daripada besi.” Maksudnya telunjuk tadi.

Setiap akhir dua rakaat sholat fardhu atau wajib, Rasulullah lantas membaca tahiyyat dimana isinya adalah shalawat kepada dirinya (Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam) dan sejumlah doa.

Beliau kemudian mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan mengucap: “اَلسَّـلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ (semoga kesejahteraan dan rahmat Allah terlimpahkan atas kamu sekalian.” Begitupula pada yang kiri. Beliau terkadang menambah kalimat “وَبَرَكَاتُهُ (dan berkah-Nya)” pada salam pertama.

Wallahu ‘Alam

( Diringkas dari Shifatu Shalaatin Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karya Syaikh al-Albani)

Demikianlah Informasi Atau Penjelasan Tentang Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan diamalkan untuk menuju keridhoan Alloh Ta’ala. Dan semoga Alloh memberikan kepahaman kepada kita semua dalam beragama.

Anda telah membaca Tata Cara Sholat Wajib Yang Benar Dan Bacaannya Lengkap Beserta Gambarnya | Jama’atul Muslimin